Jangan Remehkan, Inilah Penyebab Mata Bintitan yang Tak Disadari

Jangan Remehkan, Inilah Penyebab Mata Bintitan yang Tak Disadari

Kesehatan

Selama ini, diketahui bahwa mata bintitan disebabkan karena kebiasaan mengintip. Stigma yang berkembang di masyarakat ini justru tidak benar karena tidak ada hubungannya sama sekali. Sebenarnya, bintitan disebabkan oleh berbagai hal yang memicu infeksi bakteri atau perubahan kondisi hormonal. Penyebab mata bintitan justru terdiri dari berbagai faktor di bawah ini.

  1. Kebersihan Mata Kurang Terjaga

Salah satu poin utama yang tidak boleh diremehkan adalah menjaga kebersihan mata. Pasalnya, mata yang tidak bersih setelah terpapar debu, polusi, atau make up, bisa menyebabkan infeksi bakteri yang memicu mata bintitan. Jadi, segeralah membersihkan area mata setelah bepergian dan setelah memakai make up. Anda juga perlu mengompres mata agar mata bersih dan rileks.

  1. Mengucek Mata Berlebihan

Mengucek mata saat terasa berat, gatal, atau perih, justru menyebabkan mata bintitan, terlebih jika menguceknya secara berlebihan. Tak hanya itu, kebersihan tangan yang tidak terjaga dan digunakan untuk mengucek mata juga menyebabkan infeksi yang akhirnya menimbulkan mata bintitan. Jadi, hindarilah mengucek mata. Segera kompres bagian mata yang terasa tidak nyaman.

  1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri adalah penyebab utama mata bintitan yang dipicu oleh berbagai faktor. Akan tetapi, ada suatu kondisi bahwa memang penderita bintitan karena memang terkena bakteri Staphylococcus aureus di kelopak mata. Akibatnya, timbullah benjolan yang disertai rasa nyeri, gatal, dan perih. Dalam beberapa kasus, mata juga tampak kemerahan.

  1. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata bintitan. Ketika jam tidur tidak terpenuhi, sistem imun tubuh akan melemah. Tubuh jadi lebih mudah terserang infeksi yang salah satunya adalah infeksi bakteri penyebab mata bintitan. Aktivitas mata yang melelahkan juga menyebabkan adanya akumulasi kotoran yang semakin memicu mata bintitan.

  1. Kekurangan Nutrisi dan Cairan

Pemenuhan nutrisi dan cairan tubuh sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat. Persoalan kekurangan nutrisi dan cairan justru menyebabkan mata bintitan karena penurunan sistem imun. Lemahnya sistem imun ini menyebabkan tubuh lebih mudah terinfeksi, termasuk mata bintitan.

  1. Reaksi Alergi

Penyebab berikutnya yang perlu diketahui dan diwaspadai adalah reaksi alergi. Ternyata, mata bintitan merupakan salah satu reaksi alergi. Jadi, Anda harus mengetahui apakah mempunyai alergi atau tidak, misalnya alergi protein, alergi seafood, dll. Tujuannya agar bisa menghindari penyebab alergi tersebut, sehingga terhindar dari risiko mata bintitan.

  1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal juga menjadi penyebab risiko mata bintitan. Perubahan ini ditandai dengan kondisi stres yang meningkat ataupun mood yang naik turun. Hal ini harus dikontrol agar mencegah mata bintitan karena pengaruh produksi hormon atau zat kimia tertentu oleh tubuh.

Beragam faktor penyebab di atas memang perlu dihindari agar Anda terbebas dari kemungkinan mengalami mata bintitan. Tetaplah hidup sehat dengan mengutamakan kebersihan, pola makan, dan pola istirahat. Jangan lupa untuk mengelola stres agar tak menimbulkan gangguan kesehatan yang ujungnya merugikan diri sendiri. Jadi, sangat penting mengetahui penyebab mata bintitan.