Info Parenting, Tips Mengendalikan Emosi Si Kecil

Info Parenting, Tips Mengendalikan Emosi Si Kecil

Others

Emosi merupakan satu luapan perasaan yang bisa berdampak buruk apabila tidak dikelola dengan baik, oleh karenanya anak perlu diajari managemen emosi yang baik untuk membekalinya menghadapi berbagai masalah di lingkungan sekitar. Berikut ini info parenting yang bisa Anda terapkan ketika si kecil mulai kehilangan kendali diri.

Sharing Perasaan

Satu hal penting yang tidak banyak dilakukan oleh orang tua adalah berbicara dari hati-ke hati bersama buah hati mereka. Sifat dasar orang tua yang tidak ingin menunjukkan masalah yang dimiliki kepada anak menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam menyikapi hal ini Anda bisa memprioritaskan kejadian-kejadian yang dimengerti oleh anak dan kemungkinan bisa dijadikan pelajaran olehnya, sehingga anak pun bisa belajar dari Anda secara langsung atau pun tidak. Sharing yang dilakukan ini akan membntuk kepribadian anak menjadi lebih peduli dan peka terhadap sesuatu yang terjadi disekitarnya

Biarkan Anak Meluapkan Emosi

Hal yang lumrah terjadi ketika anak tidak dituruti keinginannya adalah kejadian dimana ia akan menanngis meraung-raung. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya Anda membiarkan aktivitas tersebut selama kegiatan menangis yang dilakukan tidak mengganggu lingkungan sekitar misal karena terjadi di luar rumah atau di pusat perbelanjaan yang mengundang perhatian.

Ketika emosi si kecil lebih stabil dan bisa diajak berdiskusi bersama, maka Anda bisa memberikan pengertian kepadanya. Biasakan untuk membuat anak mendapatkan segala sesuatu dengan usaha terlebih dahulu. Tekankan bahwa apa yang ia inginkan membutuhkan proses dimana ia harus bersabar dalam menunggunya.

Beri Pujian dan Apresiasi

Memberikan pujian tidak banyak dilakukan oleh orangtua ketika anak tidak berhasil menyelesaikan pekerjaannya atau setelah anak melakukan kesalahan. Namun disitulah saat dimana si kecil membutuhkan dorongan dan motivasi untuk terus melangkah. Info parenting ini bisa Anda terapkan ketika anak merasa down karena hal-hal tersebut.

Ketika anak tidak berhasil menyelesaikan pekerjaannya, nilailah seberapa besar ia telah berusaha melakukan hal tersebut. Selam ia telah menyelesaikan dengan sungguh-sungguh, maka Anda bisa memberikan dorongan lebih. Namun ketika si kecil melakukan kesalahan dan telah menyadarinya, pujian dibutuhkan agar membuatnya merasa dihargai dan dicintai.

Tekankan Rasa Tanggung Jawab

Menekankan rasa tanggung jawab pada anak sejak kecil merupakan pelajaran yang wajib diberikan. Sikap ini akan menjadi kebiasaan sehingga berdampak terhadap keputusan yang nantinya ia buat ketika telah dewasa. Contoh kecil dari perlakuan tanggung jawab adalah membiasakan anak membereskan mainan atau tempat tidur yang telah dipakai.

Ketika anak dibiasakan untuk mengendalikan emosi berlebih yang dimilikinya sejak kecil, maka ia pun akan terbiasa berpikir jernih untuk menetukan setiap langkah dalam hidupnya. Oleh karena itu sebagai orang tua Anda perlu memperdalam info parenting agar bisa menjadi contoh dan teladan yang baik untuk si kecil dengan membaca artikel di orami.co.id.